Type something and hit enter

Pages

On
advertise here
Pemerintah menawarkan investasi syariah Sukuk Tabungan ST-02 dengan nilai imbal hasil minimal 8.30% per tahun. Imbal hasil akan dibayarkan perbulan atau 8.30% dibagi 12 bulan setelah dipotong pajak 15%.

Uniknya, Sukuk model ini memiliki imbalan mengambang dengan imbalan minimal (floating with floor). Angka 8,30% adalah imbal hasil minimal dan insya allah akan naik ke depan bila Bank Indonesia menaikkan ada BI 7 Days Reverse Repo Rate dari nilai saat ini 5.75%. Artinya, kalau BI 7-day naik jadi 6.00% maka imbal hasil sukuk anda akan nauk menjadi 8.55%.

Untung apa tidak ya? Itu tergantung dari cara pandang anda melihat produk ini. ST02 adalah salah satu jenis produk investasi yang memiliki fitur menghindarikan diri dari inflasi. Sebagaimana diketahui, Bank Indonesia akan menaikkan suku bunga bila inflasi naik, nah imbal hasil produk ini akan otomatis naik bila BI melakukannya.

Menghitung hasil investasi rill anda cukup mudah. Yaitu 8.30% dikurangi dengan estimasi inflasi, katakanlah inflasi 4%, maka keuntungan rill anda setahun untuk produk ini adalah 4%. Tampak rendah sepertinya, namun bandingkan dengan deposito yang hanya 5%, maka keuntungan anda hanya 1%.

Surat utang ini berjatuh tempo dua tahun, artinya pokok anda akan dibayarkan setelah kontraknya selesai. Perlu juga diingan, dia tidak dapat diperdangangkan, namun pemerintah memberikan periode penebusan lebih awal dengan jadwal-jadwal tertentu.

Sukuk Tabungan dikelola berdasarkan prinsip syariah, tidak mengandung unsur maysir (judi) gharar (ketidakjelasan) dan riba (usury), serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI)

Penerbitan Sukuk Tabungan menggunakan struktur akad Wakalah. Dana hasil penerbitan akan digunakan untuk kegiatan investasi berupa pembelian hak manfaat Barang Milik Negara untuk disewakan kepada Pemerintah serta pengadaan proyek untuk disewakan kepada Pemerintah. Imbalan berasal dari keuntungan hasil kegiatan investasi tersebut.

Berikut ketentuan pembeliannya:


ST-02, adalah seri kedua sukuk tabungan yang sebelumnya pernah dijual pemerintah tahun lalu. Produk ini dapat anda beli di beberapa bank seperti Bank Mandiri, BCA, BNI dan sejumlah situs online seperti bareksa, tanamduit dan investree. Yuk, investasi sukuk, dapat bagi hasil dan pahala.

sumber/grafis: Kemenkeu



Komentar di sini saudara ku

Click to comment