Type something and hit enter

Pages

On
advertise here


🌺🌺🌺

Apa sih arti barokah?

Pengertian barokah itu: "albarokatu tuziidukum fi thoah" ~ barokah itu adalah keadaan yang menambah ta'at kepada Allah.

Jadi istilah barokah bukan menyangkut banyak atau sedikit, senang atau tidak senang, cukup atau tidak cukup. Barokah adalah segala keadaan yang membuat ketaatan kita pada Allah bertambah.

Hidup yang barokah bukan hanya hidup sehat. Hidup sehat tetapi menambah jauh dari Allah bukanlah barokah. Sebaliknya, kadang sakit itu justru barokah sebagaimana Nabi Ayyub AS. Sakitnya menambah ta'atnya kepada Allah.

Barokah itu tak selalu panjang umur. Panjang umur tapi digunakan untuk kemaksiatan, hura hura dan perbuatan tak berguna bukanlah barokah. Umur yang pendek tapi dipenuhi ketaatan pada Allah adalah barokah seperti Musab ibn Umair yang umurnya pendek tapi sangat taat pada Allah.

Makanan barokah itu bukanlah makanan yang mahal dan lezat lezat. Tapi makanan yang mampu mendorong pemakannya menjadi lebih kuat beribadah dan taat setelah memakannya.

Pekerjaan yang barokah bukanlah yang menghasilkan banyak uang, dikenal banyak orang dan dihargai orang. Pekerjaan seperti ini berpotensi menjauhkan diri dari Allah. Pekerjaan yang barokah adalah pekerjaan yang membuat makin dekat dan taat pada Allah. Makin shalat tepat waktu dan banyak beramal.

Penghasilan barokah juga bukan gaji yang besar dan bertambah, tapi sejauh mana gaji yang diperolehnya halal dan bisa jadi jalan rizqi bagi keliarga dan orang lain. Dan semakin banyak orang yang terbantu dengan penghasilan tersebut.

Harta yang barokah membuat pemiliknya jadi makin dekat dengan Allah. Mobil dan motor yang digunakan untuk ke masjid, tanah yang diwakafkan, tanah yang dijadikan buat surau dan tempat pengajian. Mobil mewah yang membuat manusia bermaksiat dan berhura hura sangat bukan mobil barokah.

Anak-anak yang barokah bukanlah anak yang saat kecil mereka lucu dan imut dan setelah dewasa mereka sukses memiliki berbagai gelar dan mempunyai pekerjaan dan jabatan hebat. Tapi anak yang barokah ialah yang senantiasa taat kepada Rabb-Nya dan kelak di antara mereka ada yang lebih shalih dan tak henti-hentinya mendoakan kedua orang tuanya bahkan ketika orang tuanya sudah dikubur.

Kenapa semua harus dalam ketaatan pada Allah? Karena kita semua akan mati sooner atau later dan hanya kepada Allah lah kita kembali. Semua yang kita usahakan didunia seberapa hebat dan kuatpun akan kita tinggalkan......sooner or later.....

🌺🌺🌺

Komentar di sini saudara ku

Click to comment